Fakta Mencengangkan Tentang Mata Uang Dunia – Duit (uang) dalam ilmu ekonomi tradisional adalah sebuah alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar ini dapat menukarkan apa saja baik itu benda (makanan, baju dan lain sebagainya) dan biasa disebuat juga sebagai sistem jual beli secara sah.

Masing-masing dari negara memiliki mata uangnya sendiri sebagai nilai tukar di negaranya masing-masing. Khususnya dollar ($) merupakan mata uang dunia yang cukup terkenal dan dianggap sebagai nilai tukar yang laku digunakan pada negara manapun. Namun selain mata uang dollar ternyata banyak hal menarik tentang mata uang dunia lainnya yang mungkin saja belum kalian ketahui hingga sekarang ini.

Berikut dibawah ini fakta mencengangkan dari beberapa mata uang di dunia yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Mata uang Australia tahan air

Mata uang Australia dikatakan merupakan satu bentuk uang yang paling canggih didunia, dimana sudah bisa tahan dengan air dan juga uang milik negara ini sangat sulit untuk dipalsukan. Dengan seperti ini maka tidak akan tindak kejahatan seperti pemalsuan uang terjadi di negara ini.

Dikatakan bahwa uang dari Australia terbuat dari bahan yang disebut juga dengan polimer (bahan yang sama pada lilin) dan negara ini juga merupakan yang pertama memperkenalkan uang kertas polimer pertama di dunia pada tahun 1988 dan sejak saat itu negara seperti China dan Vietnam mengikuti jejaknya.

Salah satu fitur unik dan keren dari uang Australia terdapat pada nominal 5 dollar milinya yang dimana menggunakan efek bergulir visual spinebill timur, burung endemik negara tersebut. Dari efek visual tersebut menjadikan gambar burung tersebut dapat bergerak mengepakan sayapnya saat anda memindahkan uang kertas itu sendiri.

Mata uang China paling rumit

China berada dipuncak anti pemalsuan uang yang dimana merilis sebuah teknologi pintar pada tahun 2015. Uang pecahan 100 Yuan yang dirilis pada tahun itu beraksen dengan emas sehingga disebut juga dengan julukan “high roller gold”. Tidak hanya itu saja uang kertas ini juga dilengkapi detail rumit lainnya yang menjadikan uang yuan ini sulit untuk dipalsukan.

Selain besar, Yuan China itu juga sangat canggih dimana pada kenyataannya mesin ATM mereka sendiri tidak dapat membaca pecahan uang ini pada awal peluncuran mata uang ini sehingga pemerintah harus mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa akan memerlukan beberapa hari agar mesin dapat membaca dan mengenali uang pecahan baru tersebut.

Mata uang Afrika Selatan berwajah Nelson Mandela

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Nelson Mandela ? Beliau adalah seorang revolusioner anti orang kulit hitam sekaligus presiden dari Afrika Selatan. Meninggal pada 5 Desember 2013, jasa dari Nelson rupanya cukup besar untuk dikenang warga negara Afrika Selatan dimana mereka menciptakan uang dengan wajah beliau didalamnya.

Wajah tersebut ditemui pada hampir setiap mata uangnya dan untuk membedakannya setiap sisi lain dari mata uang tersebut memiliki gambar dari hewan “Big Five” yakni badak (R10), gajah (R20), singa (R50), kerbau (R100) dan macan tutul (R200).

Mata uang Vietnam dengan Micro Printing

Tidak kalah dengan negara lainnya dalam masalah pengembangan sistem teknologi penyediaan mata uangnya, mata uang dari negara Vietnam dikatakan merupakan uang yang cukup canggih dimana sama dengan mata uang Australia yang sudah menggunakan polimer dan menjadikan mata uang tersebut tahan akan air.

Baca Juga : Ini Tanda Pria Sangat Mencintai Anda!

Selain itu mereka juga menggunakan sistem desain mata uang yang menggunakan gambar garis rumit sebagai mirco printing dan menampilkan dua kode lainnya sebagai keamanan dan menjadikan mereka sangat sulit untuk dipalsukan.

Mata uang Kanada tembus pandang

Pada Maret 2018 tahun lalu, Kanada secara resmi mengumumkan rencana untuk pecahan uang 10 dollar baru mereka. Viola Desmod yang merupakan seorang aktivis hak-hak sipil di Nova Scotia, digambarkan pada bagian depan mata uang dengan paruh pertama yang berorientasi vertikal dalam sejarah negara itu, dimana juga menampilkan bagian tembus pandang.

Menurut dari Azure Magazine setiap dari mata uang tersebut terbuat dari satu bagian polimer untuk memperpanjang umur dan untuk menyematkan fitur keamanan termasuk jendela transparan dengan pola moire pada setiap mata uangnya.

Dengan melihat kecanggihan dari nilai tukar uang pada beberapa negara tersebut dapat membuktikan bahwa perkembangan dari dunia memang sudah meningkat dengan sangat pesat, sehingga turut menjadikan peradaban pada berbagai belahan dunia bersaing untuk mengikutinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *