Tubuh manusia dipenuhi dengan berbagai organ yang berbeda-beda dimana semua itu pastinya memiliki fungsinya masing-masing seperti contohnya pada lidah, salah satu organ tubuh manusia yang paling hebat dimana sebagai indera pengecap. Memiliki fungsi untuk membedakan berbagai macam rasa makanan dan minuman (manis, pahit, asam, asin) semua bisa dirasakan dari satu organ ini.

Namun faktanya selain untuk membedakan rasa dari makanan dan minuman yang masuk kedalam mulut, nyatanya organ ini juga bisa menjadi pendeteksi gejala penyakit mulai dari kesehatan pada tubuh, pencernaan, infeksi dan lain sebagainya. Hal ini sudah terbukti oleh penelitian dimana seorang dari praktisi Emilia Herting mengatakan bahwa bila lidah mengalami beberapa gejala dibawah ini maka kesehatan kalian sedang terganggu.

Cara Deteksi Penyakit Lewat Lidah

Pembengkakan Lidah

Mungkin saat ini lidah kalian terlihat biasa saja, masih bisa mengecap rasa bukan ? Namun coba perhatikan lebih detail lagi apakah lidah kalian membesar (membengkak) ? Bila iya maka kalian harus waspada karena pembengkakan lidah menjadi pertanda bahwa kondisi tubuh kalian sedang mengalami masalah seperti kurangnya nutrisi pada tubuh, tersumbatnya aliran darah sampai dengan penumpukan racun didalam tubuh.

Baca juga : Dampak Buruk Dari Pengaruh Handphone

Tidak hanya bengkak, sangat tipisnya lidah juga bisa menandakan bahwa anda mengalami dehidrasi atau kondisi dimana kekurangan cairan tubuh. Untuk itu setiap paginya mengeceklah secara rutin kondisi lidah kalian.

Penebalan Lapisan Lidah

Lapisan lidah yang normal adalah yang tidak terlalu tipis namun tidak terlalu tebal juga. Akan tetapi bila lapisan pada lidah kalian mengalami penebalan maka bisa jadi kalian sedang mengalami kesehatan usus yang buruk, hal ini perlu diwaspadai. Sebaliknya bila lapisan lidah kalian terlalu tipis maka kalian mengalami kekurangan cairan didalam tubuh.

Sedangkan untuk pada lapisan lidah yang berubah warna seperti berwarna kuning menandakan bahwa suhu dalam tubuh anda sedang dalam keadaan yang tidak stabil atau adanya infeksi didalam tubuh. Jika berwarna abu maka menunjukan adanya kesalahan yang terjadi didalam tubuh kalian. Namun saat berwarna putih tebal maka kalian sedang mengalami kedinginan dan infeksi.

Perubahan Warna Lidah

Warna yang bagus pada lidah umumnya tidak terlalu merah  (pink), namun ketika warna pada lidah berubah maka ada suatu hal yang terjadi pada badan kalian. Seperti contohnya bila warna pada lidah terlalu merah maka menandakan suhu tubuh kalian sedang dalam keadaan tinggi, dapat menandakan demam atau ketidak seimbangan hormon yang menyebabkan perubahan suhu tubuh.

Bila lidah berwarna ungu maka dapat di diagnosa terjadi sesuatu pada tubuh terutama para peredaran darah, peradangan ataupun infeksi didalam tubuh. Dan bila berwarna pucat pasi menandakan bahwa  kalian kekurangan energi. Biasanya hal ini akan diderita kepada seseorang yang  mengalami sakit anemia atau kekurangan darah.

Tekstur Lidah

Benjolan yang berada diatas lidah bisa menjadi tanda kalau tubuh kalian sedang mengalami infeksi dari bakteri (virus) atau alergi terhadap makanan dan lain sebagainya, bila terkena hal ini maka kalian harus mengkonsumsi buah manggis, mungkin kalian tidak tahu kalau khasiat dari manggis.

Hal ini dikarenakan pada buah manggis memiliki zat / kandungan anti bakteri yang dapat memaatikan virus (bakteri) jahat didalam tubuh. Tekstur lidah yang berubah akan dialami gejala seperti sariawan, biasanya kelenjar dari air liur akan  terproduksi secara berlebihan saat keadaan ini.

Nyeri pada permukaan lidah juga bisa menandakan gangguan pada selaput lendir karena iritasi, biasanya akan terjadi akibat gigi palsu, tambalan gigi ataupun perokok pasif. Nah, inilah beberapa cara tentang bagaimana cara menandakan bahwa tubuh kalian sedang dalam kondisi sakit hanya dari perubahan pada kondisi lidah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *