Perkembangan teknologi seperti handphone merupakan perangkat yang sekarang ini banyak digunakan dalam aktivitas kita sehari-hari. Kehadiran gadget memang sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang karena banyaknya manfaat yang dapat kita gunakan.

  Selain mempermudah pekerjaan handphone juga dapat meningkatkan interaksi hubungan seseorang, mempercepat kita dalam mengakses informasi pengetahuan, bahkan menjadikan salah satu tempat untuk kita mencari hiburan. Tapi secara tidak sadar kehidupan manusia menjadi bergantung dengan smartphone bahkan sering sekali kita susah untuk melepaskannya dari gengaman tangan kita.

Baca Juga : Wabah Penyebaran Virus Corona Sudah Semakin Berkurang


Namun selain banyak manfaat positif yang diberikan, ternyata perangkat ini juga memiliki sisi negatif bagi kesehatan fisik dan mental. Tidak hanya pada anak saja hal ini juga dapat terjadi pada orang dewasa sekalipun. Berikut hal-hal negatif handphone yang dapat merusak diri kita sendiri secara fisik maupun mental antara lain :

Kesehatan Fisik

1. Merusak Mata

Pasti kita sering merasakan mata kita kering dan merasa hitam semua ketika melihat sesuatu. Jika terus dibiarkan maka akan berdampak pada peradangan infeksi mata. Hal ini disebabkan karena mata kita selalu fokus pada satu titik dalam waktu yang cukup lama ditambah juga dengan cahaya radiasi yang diberikan oleh handphone cukup berbahaya. Pancaran gelombang radiasi akan masuk ke rongga mata dan menghambat sirkulasi darah ke dalam mata sehingga membuat kornea mata sedikit demi sedikit mengalami penurunan kinerjanya.

2. Kerusakan Otak

Gelombang radiasi yang di berikan oleh ponsel dapat menembus segala sesuatu yang berada di dekatnya, bahkan radiasi ini dapat menembus jaringan sel saraf yang ada pada otak. Jika gelombang ini terus-terusan menembus jaringan otak kita akan menyebabkan kerusakan pada otak kita.

3. Kanker Kulit

Bahaya gelombang radiasi smartphone juga dapat menyerang sel-sel pada kulit kita terutama pada bagian tangan karena tanganlah yang bersentuhan langsung dengan teknologi tersebut. Secara tidak langsung radiasi ini akan membuat suhu permukaan kulit serta merubah pigmentasi kulit kita. Jika hal ini sering dilakukan maka tidak heran kita akan terkena penyakit kanker kulit.

4. Terkena Alzheimer

Kecanggihan smartphone yaitu salah satunya adalah untuk menyimpan data-data berharga di dalam hidup kita, contohnya nomor telepon orang tua kita. Kita bahkan tidak pernah ingat berapa nomor telepon orang tua kita karena sudah tersimpan di dalam memory handphone. Hal ini dikarenakan para pengguna handphone terlalu menggantungkan dirinya sendiri pada gadget sehingga tidak pernah berusaha untuk melakukan segalanya sendiri. Tanpa disadari kita tidak melatih otak kita untuk mengingat sesuatu, sehingga dapat menurunkan daya ingat kita.

5. Kerusakan Ginjal

Kebanyakan dari kita sering sekali menyimpan ponsel di dalam saku celana. Kebiasaan itu ternyata berbahaya dan mengancam kesehatan kerja ginjal. Karena, pancaran gelombang sinar radiasi yang masuk ke pembuluh darah secara terus-menerus sehingga kinerja ginjal menjadi terganggu.

Kesehatan Mental

1. Berkurangnya Interaksi

Meskipun kehadiran handphone dapat mempermudah komuikasi dengan oranglain, namun tanpa kita sadari bahwa menggunakan gadget terlalu sering membuat lebih sering berkomunikas dengan orang lain melalui perantara tersebut dari pada berkomunikasi secara langsung di kehidupan nyata.

2. Depresi Berat

Keseringan dalam menggunakan smartphone tanpa disadari otak kita membuat pola pikir untuk selalu menggunakan handphone disetiap saat sehingga kita menjadi kecanduan dan tidak mau dipisahkan dari gadget kita. Kecanduan ini beresiko menyebabkan kita depresi berat jika suatu saat nanti kita terpaksa untuk tidak menggunakan handphone lagi.

3. Malas beraktivitas

Kecanduan bermain smartphone seringkali membuat kita bermalas-malasan untuk melakukan aktivitas lainnya karena terlalu fokus dalam dunianya sendiri. Tentu saja hal ini dapat merugikan kita dalam waktu jangka panjang mungkin dampak handphone tidak kita sadari dimasa ini tapi dimasa yang akan datang kerugian tersebut akan semakin besar. Untuk itulah pentingnya untuk kita mengendalikan waktu sebaik mungkin.  

4. Meningkatkan Sikap Egois

Penggunaan smartphone yang terus-menerus  secara tidak langsung menumbuhkan sifat dan pola pikir egois yaitu mementingkan diri sendiri. Hal itu disebabkan karena kurangnya empati kepada lingkungan yang terjadi disekitarnya, jika terlalu sering maka membuat kita terbiasa untuk tidak perduli satu sama lain, Sikap ini tentunya tidak disukai oleh masyarakat sekitar.

5. Turunnya Tingkat Konsentrasi

Siapa sangka jika penggunaan telpon yang terlalu sering dapat membuat tingkat konsentrasi kita menurun baik dalam hal bekerja maupun beraktivitas di kehidupan nyata. Konsentrasi sering sekali menurun ketika kita tidak fokus dan tidak perludi terhadap lingkungan disekitar. Kebiasan seperti inilah yang secara tidak sadar menurunkan kemampuan konsentrasi seseorang.

Baiknya kita untuk menggunakan smartphone seperlunya saja untuk menghindari terjadinya dampak negatif yang tidak diinginkan.  Gadget memang memberikan banyak dampak positif jika digunakan sesuai dengan keperluan, namun juga memberikan dampak negatif jika terlalu sering digunakan dan berlebihan dalam pemakaiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *